Coating Mobil vs Sticker VPF

Coating Mobil vs Sticker VPF Lebih Bagus yang Mana?

Coating mobil vs sticker VPF tentunya mempunyai makna yang tidak sama. Coating mengarah pada kegiatan melapisi bagian luar kendaraan atau body mobil menggunakan teknik tertentu. 

Sementara VPF merupakan stiker yang dipasang di eksterior kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Tren coating menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan paling sering dilakukan oleh pecinta otomotif. 

Namun tidak semua orang memiliki kemampuan melakukan coating pada eksterior mobil secara sempurna. Sehingga diperlukan pemahaman yang lebih luas mengenai kegiatan tersebut sehingga menciptakan hasil memuaskan.

Memahami Pengertian Coating Mobil 

Istilah coating merupakan proses pelapisan menggunakan bahan tertentu yang dilakukan pada eksterior kendaraan. Umumnya kegiatan tersebut mengarah pada bagian bodi kendaraan yang memerlukan perawatan khusus. 

Pada dasarnya terdapat beberapa tahapan melakukan pelapisan bagian luar kendaraan. Salah satunya tahapan yang memungkinkan adanya penambahan lapisan khusus agar permukaan kendaraan terlihat mengkilap dan terlihat seperti baru.

Bahan yang digunakan untuk proses coating yaitu silikon dioksida atau SiO2. Bahan dasar tersebut biasanya digunakan untuk produksi pembuatan keramik dan produk kaca pada umumnya. 

Inilah yang membedakan coating mobil vs sticker VPF jika dilihat dari material bahannya. Pelapisan bodi kendaraan cocok diterapkan bagi Anda yang ingin mendapatkan tampilan mobil bening, glossy dan cerah. 

Mengenal Pengertian Sticker VPF 

VPF adalah singkatan dari Vynil Protection Film atau bahan pelapis kendaraan seperti mobil. Sama halnya dengan coating rupanya proses pemasangan sticker VPF juga memiliki penggemar masing-masing.

Sticker VPF merupakan teknik pelapisan wrapping bening yang ditempelkan di permukaan bodi mobil. Sehingga setelah sticker terpasang mobil akan terlihat dilapisi pelapis tambahan seperti wrapping. 

Lapisan VPF diberikan pada bagian luar kendaraan untuk menahan gesekan dari benda keras yang mengenai bodi mobil. Biasanya mobil yang telah dilapisi dengan stiker VPF bisa dimaksimalkan dengan proses coating.

Hanya saja bahan yang digunakan pada proses coating untuk kendaraan berlapis VPF berbeda. Tujuannya untuk menjaga bodi mobil yang telah diproses wrapping tidak menguning seiring waktu pemakaian.

Harga Coating Mobil vs Sticker VPF 

Proses coating dan pemasangan sticker dilakukan menggunakan teknik yang cenderung berbeda. Bahkan material yang digunakan untuk memaksimalkan kedua proses pelapisan bodi mobil tersebut tidak sama. 

Oleh sebab itu harga coating mobil vs sticker VPF juga bervariasi. Proses pelapisan yang memerlukan ketelitian menjadi salah satu faktor penentu variasi harga dari proses coating dan pemasangan sticker. 

Harga sticker VPF di kisaran puluhan ribu dan jutaan rupiah tergantung dari tingkat ketebalan dan ukurannya. Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan sticker ke bodi kendaraan.

Sementara itu harga coating mobil bisa mencapai kisaran Rp6 jutaan rupiah. Hal mendasar yang menjadi salah satu patokan biaya coating kendaraan adalah ukuran dari mobil itu sendiri. 

Semakin besar ukuran kendaraan biasanya membutuhkan biaya yang lebih besar. Tidak hanya itu tempat jasa coating bodi mobil juga memiliki patokan harga masing-masing berdasarkan beberapa pertimbangan. 

Kelebihan dan Kekurangan Coating Mobil 

Coating mobil VS sticker VPF juga terlihat berbeda jika dilihat dari kelebihan hingga kekurangannya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari aktifitas pelapisan bodi mobil tanpa memanfaatkan material sticker. 

  1. Membuat bodi mobil lebih mengkilap 

Salah satu kelebihan melapisi bodi mobil dengan bahan coating adalah membuatnya terlihat mengkilap dalam waktu lama. Hal ini dikarenakan penggunakan bahan yang mampu terserap hingga pori-pori cat.

  1. Bodi mobil terlindungi dari goresan

Goresan dari benda tajam maupun ranting pohon hingga kerikil tentunya mengurangi nilai estetika sebuah kendaraan. Untuk melindungi goresan tersebut pemilik kendaraan bisa memanfaatkan coating mobil.

  1. Meningkatkan water repellent 

Efek water repellent merupakan istilah tidak terserapnya air dan kotoran hingga ke pori-pori kendaraan. Efek tersebut bisa didapatkan dengan memanfaatkan proses coating mobil menggunakan teknik khusus. 

  1. Proses coating membutuhkan waktu lama

Salah satu kekurangan coating adalah prosesnya yang membutuhkan waktu lama dan biaya besar. Sehingga pemilik kendaraan harus menunggu dan mengeluarkan budget besar untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Kelebihan dan Kekurangan Sticker VPF 

Memasang sticker Vynil Protection Film membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Hal tersebut jika pemasangannya dilakukan oleh tenaga profesional yang sudah memahami teknik pelapisan bodi mobil.

Inilah kelebihan dari penggunaan lapisan Vynil Protection Film pada bodi mobil umumnya. Waktu yang diperlukan untuk menyempurnakan lapisan sticker terbilang singkat dan biayanya cenderung lebih terjangkau. 

Selain itu lapisan Vynil Protection Film juga membuat bodi kendaraan terlihat glossy. Eksterior kendaraan yang sudah dilengkapi dengan Vynil Protection Film lebih aman saat digunakan di jalanan yang berlumpur. 

Sayangnya, pemasangan Vynil Protection Film membutuhkan lapisan ekstra seperti coating. Hal tersebut adalah kekurangan dari pemasangan sticker VPF sehingga pemilik kendaraan memerlukan langkah coating terakhir. 

Pada dasarnya proses melapisi bodi mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara, teknik dan bahan. Sehingga coating mobil VS sticker VPF menjadi alternatif bagi pemilik kendaraan yang ingin melakukan perawatan. Jika anda berminat mendapatkan pemasangan sticker mobil yang  rapi dan bagus maka datang saja ke Klik Mapan Makassar. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hai Kak! Saya boleh tanya soal produk MaPaN?

Chat MaPaN on WhatsApp